Sabtu, 14 Juni 2014

SPONGE CAKE BERTABUR COKLAT





Bismillah....
Sponge cake 5 telur dengan taburan coklat meises ini adalah request salah satu customer setiaku "Bu Yadi"..thanks buat ordernya. Kata beliau pingin cake simple aja yang penting ditaburin ceres coklat kesukaan putranya Dimas. Sponge cake ini dibuat sudah cukup lama, dan lagi-lagi baru diposting sekarang. Alhamdulillah, kata Bu Yadi, sponge cakenya lembut banget dan anak-anak beliau suka. Baru diantar ke rumah langsung habis dalam beberapa menit...Duh seneng dengarnya, semoga berkah,amin..
Sponge cake vanila dengan 5 telur ini biasa juga aku jadikan base dari kue tart. tapi biasanya menggunakan 2 layer sponge cake, jadi butuh sekitar 10 bahkan sampai 12 telur. Langsung saja kita lihat penampakannya ya..


Membuat sponge cake ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi pemula seperti saya, kadang juga masih sering gagal membuat sponge cake. Gagalnya misal kue tidak mengembang dengan sempurna atau kurang spongi teksturnya. Tapi seperti kata pepatah, practise make perfect dengan terus berlatih dan jangan takut gagal insyaallah pasti ada kemudahan. Kunci utama dalam pembuatan sponge cake adalah pengocokan telur yang harus kental berjejak, pencampuran tepung dan margarin juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Ini aku tulis resepnya ya...
Bahan :
5 butir telur
125 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein sedang (misal : segitiga)
125 gram margarin lelehkan
1/2 sdt pasta vanila

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental berjejak. Cirinya jika terdapat bekas jejak mikser yang lama hilang dan jika batang mikser diangkat adonan tidak turun dengan segera.
2. Masukkan tepung sambil diayak dan diaduk perlahan sampai rata.
3. Masukkan pasta vanila dan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk balik dengan spatula berlahan.
4. tuang dalam loyang 20x20 cm yang doles margarin dan dialas kertas roti.
5. oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius selama 25 menit atau sampai matang (tes tusuk dengan lidi untuk mengetahui kematangan kue).


Teksturnya lumayan spongi sih...Selanjutnya sesuai permintaan customer, cake yang sudah dingin dioles tipis permukaan atasnya dengan butter cream dan ditaburi coklat meises. Nah, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar