Rabu, 18 Juni 2014

BLACK FOREST MINI



Bismillah...


Postingan kali ini saya membuat black forest mini untuk dibawa si Ayah ke kantor di hari ultahnya. Tentu aja bukan hanya black forest yang saya buat, tapi ada juga cake lain yang saya buat nanti saya posting berikutnya ya...

Langsung aja ni dia resepnya..
Bahan :
6 butir telur
150 gram gula pasir
1sdt emulsifier
125 gram tepung terigu protein rendah (mis: kunci biru)
10 gram susu bubuk
15 gram coklat bubuk
1 sdt pasta coklat (saya pakai L'Arome)
100 gram margarin, lelehkan
Hiasan :
buttercream homemade
150 gram coklat masak pekat serut
15 buah ceri merah, potong-potong

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak.
2. Tambahkan terigu, susu bubuk dan coklat bubuk sambil diayak dan diaduk perlahan.
3. Tambahkan pasta coklat aduk rata.
4. Tuang margarin cair, aduk balik.
5. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 22x22x5 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. 
6. Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat celcius hingga matang. Angkat dan dinginkan.
7. Belah cake menjadi dua bagian. Olesi salah satu permukaan cake dengan buttercream dan tutup kembali dengan cake satunya.
8. Cover permukaan atas dengan buttercream, potong ukuran 3x3 cm, taburi dengan coklat serut dan beri buah ceri.



Sekalian ini saya share resep buttercream homemade yang aku pakai ya..(saya dapat dari berbagai sumber)
Bahan:
500 gram shortening atau mentega putih
150 gram Hollman Soft Cream
100 gram whip cream bubuk (saya pakai merk Haan) dicampur dengan 100 ml air 
100 gram gula pasir direbus dengan 50 ml air
1/2 kaleng Susu Kental Manis putih
beberapa tetes vanila susu

Cara Membuat :
1. Kocok mentega putih sampai lembut dan mengembang sekitar 10 menit dengan mixer kecepatan sedang.
2. Masukkan hollman soft cream, kocok rata.
3. Masukkan campuran whip cream sambil dikocok sampai tercampur rata.
4. Masukkan larutan gula, kocok kembali.
5. Masukkan susu kental manis dan vanila susu, kocok sebentar dengan mixer kecepatan rendah sampai lembut dan tidak ngendal di lidah.

InsyaAllah buttercreamnya lembut dan enak, tidak ngendal di lidah karena ada penambahan Hollman soft cream dan whip cream. Yang paling penting buttercream ini HALAL karena tanpa tambahan rhum (produk samping alkohol). Sekian dulu postingan kali ini ya..Selamat Mencoba






Tidak ada komentar:

Posting Komentar