Rabu, 18 Juni 2014

EMPEK-EMPEK UDANG TELUR PUYUH



Bismillah...

Bingung dikulkas masih ada udang yang belum sempat diapa-apain, kepikiran enaknya mau dibuat apa ya...akhirnya saya buat empek-empek udang  karena kebetulan suami saya suka empek-empek. Biasanya saya buat empek-empek memakai ikan tengiri, trus dibuat kapal selam dengan isian telur ayam atau bebek yang dikocok lepas. Tapi kali ini saya coba bikin pakai udang aja dan diisi telur puyuh yang sudah direbus. Terus terang, saya buatnya asal-asalan alias gak pake resep. Jadi takaran tepung dan bumbunya pakai perasaan aja, hi..hi..Ternyata kata suami enak. Malah bilang kapan-kapan bikin lagi ya...



Cara membuatnya mudah saja, pertama udang dihaluskan pakai blender dicampur dengan sedikit air saja ya..Selanjutnya tambahkan tepung sagu. Penambahan tepung sagu minimal perbandingannya dengan udang 1:1 atau kalau ingin udangnya lebih berasa kurangi jumlah tepungnya. Uleni udang dan tepung sampai kalis dan jangan lupa bumbui dengan bawang putih, merica dan garam.  Setelah kalis, bentuk bulatan-bulatan, pipihkan dan beri telur puyuh rebus didalamnya dan bulatkan lagi. Rebus dalam air yang sudah mendidih sampai matang atau sampai mengapung. Kalau sudah goreng deh empek-empeknya..
Untuk kuah bahannya: air, bawang putih, cabai, garam, gula pasir, gula merah, kecap asin, air asam jawa dan ebi kering yang dihaluskan. Takarannya saya pakai kira-kira aja..karena suami saya suka pedas, cabainya saya banyakin. Semua bumbu dihaluskan dan dimasak sampai mendidih. Jadi deh...Selamat mencoba ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar