Rabu, 18 Juni 2014

CHIFON CAKE MARMER



Bismillah...

Postingan berikutnya adalah chifon cake zebra (pandan dan coklat). Chifon cake ini adalah salah satu cake andalan Fadila Cakes, soalnya banyak sekali yang sudah memesan cake satu ini dengan berbagai varian. Sesuai dengan namanya yaitu chifon, yang artinya lembut sudah pasti cake ini emang lembut dan ringan. Jadi wajarlah kalau disukai banyak orang. Dalam pembuatan cake ini lemak yang digunakan bukan berasal dari margarin atau mentega tapi menggunakan minyak goreng. Menurut  yang pernah saya baca, keberadaan minyak goreng inilah yang konon membuat cake ini menjadi lembut dan tidak seret serta teksturnya lebih ringan jikalau dibanding dengan sponge cake yang menggunakan margarin. Membuatnya gampang-gampang susah, karena faktor utamanya adalah cara pencampuran kocokan putih telur dengan adonan kuning telur harus benar-benar rata. Kalau belum tercampur rata, cake bisa jadi mengembang sempurna tapi setelah keluar dari oven akan mengempis. 




Dulu waktu masih awal  saya sering gagal membuat chifon cake ini. Penyebabnya adalah karena kurang tercampur rata adonannya. Adonan tidak boleh terlalu lama diaduk, maka saya buru-buru menuang adonan ke loyang padahal masih ada kocokan putih telur yang belum tercampur dengan baik. Alhasil, cakenya kempes denagn sukses setelah keluar dari oven. Satu lagi yang harus diperhatikan adalah proses mengocok putih telur haruslah sampai tahap soft peak saja bukan hard peak. Soft peak artinya puncak yang terbentuk masih tumpul dan putih telurnya masih creamy, begitulah kira-kira..Kalau hard peak puncak yang terbentuk runcing dan kocokan putih telurnya jadi sangat kaku. Jika mengocok putih telur sampai tahap hard peak, maka tekstur chifon tidak lagi lembut tapi jadi berlubang besar-besar. Untuk menstabilkan kocokan putih telur agar tidak mudah turun volumenya ketika dicampur dengan adonan, sebagian orang menggunakan cream of tar-tar. Tapi saya tidak menggunakannya karena menurut sepengetahuan saya cream of tar-tar adalah hasil samping pembuatan wine. Cream of tar-tar bisa disubstitusi dengan air jeruk nipis meskipun beberapa ada yang menyebutkan jeruk nipis hanya menggantikan sifat asam dari cream of tar tar tapi belum sepenuhnya menggantikan fungsi cream of tar tar. But, its ok lah..selama ini kocokan putih telur saya stabil meskipun tanpa cream of tar tar kok..

Mari kita lihat bersama resepnya 

Bahan :
5 butir kuning telur
5 butir putih telur
75 ml minyak goreng
75 ml susu cair/ santan
120 gram tepung terigu protein rendah (mis: kunci biru)
50 gram gula halus
1/2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam 
75 gram gula pasir
pasta pandan secukupnya
pasta coklat secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur minyak goreng dan susu/ santan, aduk rata, sisihkan.
2. Campur tepung terigu dan gula halus, diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan campuran minyak ke dalam tepung sedikit-sedikit sambil diaduk rata. 
4. Masukkan kuning telur aduk menggunakan balon whisk sampai membentuk pasta dan tidak bergerindil. Mengaduknya jangan terlalu kuat ya..agar tepung tidak membentuk gluten.
5. Kocok putih telur dalam wadah yang bersih, tambahkan garam dan air jeruk nipis.
6. Setelah kocokan putih telur setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit-sedikit secara bertahap. Kocok terus sampai soft peak.
7. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan tepung dan kuning telur secara bertahap sambil diaduk balik hingga rata.
8. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu diberi pasta pandan dan satunya pasta coklat.
9. Tuang adonan ke dalam loyang khusus chifon diameter 20 cm tanpa dioles margarin bergantian antara adonan pandan dan coklat.
10. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 55 menit
11. Keluarkan dari oven dan balik posisi loyang agar bentuk cake tidak berubah. Biarkan sampai dingin baru dikeluarkan dari loyang.



Adonan chifon cake biasanya akan mengembang dua kali lipat dari semula. Hati-hati saat mengeluarkan cake dari loyang ya..karena tidak dioles margarin jadi agak lengket. Caranya disisir dulu pinggiran cake menggunakan pisau yang tipis dan tajam, baru dikeluarkan pelan-pelan agar tidak patah. 

Bagi anda yang penasaran silakan dicoba resepnya ya..bagi yang sudah mencoba dan masih gagal jangan menyerah.  Tapi kalau gak mau repot lagi, pesan saja di fadila cakes he..he..promosi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar