Rabu, 25 Juni 2014

FLOWER CUP CAKES



Bismillah...

Sudah lama sebenarnya saya ingin sekali mengeksekusi cup cake decorating khususnya dengan tema bunga-bunga. Setelah melihat beberapa postingan teman-teman di group NCC tentang flower cup cake yang cantik-cantik, akhirnya saya pun tertarik untuk mencoba. Hanya berbekal ilmu dekorasi yang saya dapat dari mbah google, saya beranikan untuk membuat cup cake dekorasi. Alhamdulillah hasilnya lumayan memuaskan meskipun masih terdapat kekurangan. Dan senengnya, customer setiaku ibu Yadi pun tertarik untuk memesan. Alhamdulillah..rezeki memang gak lari kemana. Kita lihat hasilnya yuk...



Sebenarnya saya juga tidak paham betul yang saya buat itu kira-kira bunga apa saja ya...Tapi biarlah yang penting hasilnya cantik...





Untuk cup cakenya saya buat dua variasi yaitu vanila dan coklat. Saya lebih suka menggunakan teknik butter type cake untuk membuat cup cake. Menurut saya butter type cake lebih enak dan terasa butternya jika dibanding dengan jenis sponge cake. Cara membuat butter type cake pun lebih mudah jika dibanding dengan sponge cake, karena tidak ada proses pencampuran mentega leleh. Butter type cake dibuat dengan mengocok mentega /margarin terlebih dahulu sampai lembut baru memasukkan bahan-bahan lainnya. Langsung saja ini saya share resep untuk cup cake vanila, jika anda ingin membuat cup cake coklat tinggal tambahkan coklat bubuk dan pasta coklat saja ya..

Bahan :
150 gram margarin (atau boleh di mix margarin dan mentega)
100 gram gula pasir halus
3 butir telur
125 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm maizena
1 sdt baking powder
50 ml susu cair
vanila essence secukupnya

Cara Membuat :
1.   Kocok margarin dan gula selama 7 menit sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
2. Masukkan sisa tepung terigu, maizena dan baking powder bergantian dengan susu cair sambil diayak dan dikocok rata.
3. Tuang adonan ke dalam loyang cup cake yang telah dialasi kertas cup setinggi 3/4 bagian.
4. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang.

Selanjutnya cup cake siap dihias dengan buttercream. Maaf ya..untuk teknik dekornya saya belum bisa share, soalnya susah juga nyeritainnya. Tapi anda bisa melihat teknik mendekorasi cup cake di you tube seperti yang biasa saya lakukan. Ini saya perlihatkan model dekorasi beberapa bunga dari dekat.









Cup cake hias ini cocok juga untuk suvenir saat pesta ulang tahun putri anda. Jadi tidak harus selalu ada kue tart lho...Sekian dulu posting kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi. Selamat mencoba dan berkreasi ya...atau pesan saja di Fadila Cakes, hi..hi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar