Jumat, 13 Juni 2014

ROTI MANIS




Bismillah...
THIS IS MY FIRST BREAD...(ha..ha..halah), yah begitulah. Ini adalah roti pertama buatanku, Alhamdulillah kalo kata suamiku sih..not bad lah (hi..hi..jadi ke-ge-er-an). Ini buatnya udah lama banget beberapa bulan yang lalu. Karena baru pertama buat roti, jadi yang simple aja lah..gak pake filiing cuma ditaburi meises dan keju aja. Ternyata membuat roti memang membutuhkan kesabaran ekstra ya..dari mulai proses menguleni adonan yang lumayan cukup lama untuk mencapai kalis apalagi elastis. Sudah gitu masih harus menunggu proses pengembangannya sampai adonan menjadi dua kali lipat. Tapi cukup mengatasi rasa penasaran aku yang selama ini suka terkagum-kagum jikalau sedang membeli roti di bakery-bakery itu..Semoga suatu hari nanti bisa membuat roti yang lebih bagus lagi.
Untuk bahan-bahan pembuatan roti manis sama dengan roti pada umumnya, diantaranya tepung terigu protein tinggi (misal: Cakra Kembar, ragi instan, telur, gula, garam dan margarin. Mengapa harus tepung terigu protein tinggi?, karena tepung terigu protein tinggi akan menghasilkan gluten lebih banyak yang dibutuhkan untuk membentuk serat roti yang khas itu. Nah inilah penampakan roti manis buatanku:

Roti Manis

Resep roti manis aku tulis ya:
Bahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi   
1/2  bungkus ragi instan (mis: fermipan)
45  gram margarin
15  gram susu bubuk
100  ml air es
1/2 sdt garam
 1 butir telur utuh dan 1 kuningnya aja
 Meises dan keju secukupnya
 Kuning telur dan sedikit susu evaporated untuk olesan

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan aduk rata
2. Masukkan telur aduk rata
3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil uleni adonan, jika dirasa sudah kalis tidak perlu ditambahkan air lagi. terus uleni adonan menggunakan tangan sampai kalis atau sudah tidak menempel di baskom atau tempat adonan.
4. Masukkan garam dan margarin, uleni lagi sampai elastis
5. Simpan adonan dalam baskom dan tutup menggunakan plastik wrap, kemudian diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat (sekitar 30 menit).
6. Kempiskan adonan dengan cara ditinju kemudian timbang masing-masing 50 gram dan bulatkan.
7. Diamkan lagi selama 30 menit setelah itu baru dibentuk sesuai selera, boleh dikepang atau digulung.
8. Letakkan diatas loyang yang dioles margarin tipis.
9. Diamkan lagi biar mengembang sekitar 60-90 menit, setelah itu olesi dengan campuran kuning telur dan susu dan taburi dengan keju atau meises.
10. Panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat celcius selama sekitar 15 menit.
11. Angkat dan dinginkan

Lumayan ribet kan...tapi menyenangkan jika berhasil membuat roti sendiri meskipun masih sederhana. Gambar berikut adalah salah satu penampakan rotinya:

OK..segini dulu postingan kali ini ya..Selamat mencoba..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar