Rabu, 03 September 2014

LAPIS SURABAYA EKONOMIS (PANDAN COKLAT)



Bismillah,

Haduuhh, apa kabar dengan blogku ini..lama tak update postingan lagi berhubung lagi kumat penyakit malasnya nie...Kali ini saya akan posting cake lapis surabaya pandan coklat, pesanan salah satu teman untuk acara dirumahnya. Judulnya lapis surabayanya ekonomis, karena pemakaian telurnya yang irit. Kalau kita tahu lapis surabaya aslinya bisa menghabiskan sampai 15 telur untuk satu lapisan saja, itupun yang diambil cuman kuningnya saja. Makanya cake lapis surabaya ni empuk banget. Tapi ini meskipun irit telur, menurutku cakenya cukup pas di lidah, empuk dan pastinya gak nguras kantong. Resepnya saya dapat dari blognya Endnies Cakes, makasih banyak ya resepnya...







Dengan sedikit modifikasi dari resep aslinya, lapisannya hanya saya buat dua lapis yaitu pandan dan coklat. Langsung monggo disalin resepnya ya....

Bahan :
Untuk lapisan pandan
5 kuning telur
3 putih telur
60 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
35 gram tepung terigu
15 gram susu bubuk
15 gram maizena
100 gram margarin, lelehkan
1 sdt pasta pandan

Untuk lapisan coklat :
5 kuning telur
3 putih telur
60 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
25 gram tepung terigu
15 gram coklat bubuk
15 gram susu bubuk
15 gram maizena
100 gram margarin, lelehkan

Selai strawberi secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, oles margarin, alasi kertas roti dan olesi kembali margarin tipis.
2. Panaskan oven dengan suhu 190 derajat celcius.
3. Kocok telur sampai setengah mengembang sekitar 10 menit, masukkan emulsifier kocok lagi sampai kental berjejak sekitar 10 menit lagi.
4. Masukkan semua tepung sambil diayak dan kocok dengan mikser kecepatan rendah.
5. Masukkan margarin dengan teknik pancing (masukkan adonan sedikit kedalam margarin, aduk rata, baru masukkkan campuran margarin ke seluruh adonan), gunakan aduk balik.
6. Tuang ke dalam loyang, dan panggan selama kurleb 20 menit.
7. Ulangi langkah yang sama untuk membuat lapisan coklat.
8. Jika cake sudah dingin, olesi salah satu permukaan cake dengan selai strawberi secukupnya, susun cake dan rapikan bagian pinggirnya dengan pisau yang tajam.




Mudah bukan membuatnya...Yang membuat cake ini cukup lembut meskipun pemakaian telur sedikit adalah pemakaian margarin yang cukup banyak. Silakan dicoba resepnya ya,,semoga cocok dengan selera anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar