Kamis, 19 Juni 2014

Sosis Solo Ayam Pedas



Bismillah...

Seperti biasa, saya suka sekali membaca majalah-majalah kuliner. Biasa saya membeli majalah di awal bulan. Salah satu majalah kuliner favorit saya adalah majalah Sedap. Begitu baca-baca resep, saya tertarik untuk mencoba cemilan ini..sosis solo ayam pedas. Cemilan ini lumayan terkenal jika di jawa, tapi di Sampit ini masih jarang ditemukan jajanan ini. Sosis Solo yang saya buat ini agak besar dibanding yang ada diresep asli, karena saya menggunakan wajan untuk membuat dadar kulitnya dengan diameter 16 cm, sedangkan di resep memakai wajan dadar diameter 12 cm.  Mari kita lihat resepnya yuk..


Sosis Solo Ayam Pedas





Bahan Kulit :
75 gram tepung terigu
1 butir telur dikocok lepas
225 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/4 sdt garam
margarin untuk olesan

Bahan Isi:
225 gram ayam giling
2 lembar daun salam
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 butir telur, dikocok lepas
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
7 buah cabai rawit merah
1/2 sdt ketumbar bubuk
2 butir kemiri sangrai

Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat :
1. Isi, Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan ayam giling. Aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir dan santan. Aduk sampai meresap. Angkat. Tambahkan telur dan aduk rata.
3. Kulit, aduk rata tepung terigu, telur, santan, dan garam. Buat dadar tipis di wajan diameter 16 cm.
4. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri kanan dan gulung.
5. Kukus di atas api kecil sampai matang kurang lebih 10 menit. Dinginkan.
6. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai kecoklatan.

Selamat mencoba ya...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar