Rabu, 18 Juni 2014

ONBIJKOEK


Bismillah...

Ada cerita cukup mengesalkan dibalik pembuatan cake satu ini. Melihat namanya yang agak asing, saya jadi penasaran untuk mencobanya. Apalagi dalam resep menggunakan bumbu spekoek yang saya tau bumbu ini sering dipakai dalam pembuatan lapis legit. Aroma bumbu spekoek yang wangi dan manis legitnya gula palem, membuat saya ingin membuat cake ini. Seharusnya, untuk mendapatkan tekstur yang ringan khas onbijkoek, cake ini harus dipanggang. Setelah semua bahan siap, saya pun mulai beraksi. Begitu sudah selesai dan adonan sudah masuk ke dalam oven listrik, apa yang terjadi sodara-sodara...listrik padam. Yah,,,betapa kesalnya saya, pasti adonan akan jadi bantat kalo pemanasan terhenti. Sampit memang terkenal sering mati listrik, bahkan jika sedang mati bisa sampai berjam-jam dan berkali-kali dalam sehari...Akhirnya ya sudahlah diakalin aja, saya nyalakan kompor dan panaskan kukusan. Maka jadilah onbijkoek kukus...tapi aroma dan rasanya tetap enak. Cuma teksturnya saja yang kurang kering. Ni dia penampakannya..

onbijkoek
Baiklah bagi yang penasaran juga saya tulis resepnya ya..

Bahan :
10 kuning telur
7 putih telur
200 gram gula palem
175 gram tepung terigu
2 sdt bumbu spekoek siap pakai
75 gram margarin, lelehkan
100 gram kacang kenari, potong-potong dan sangrai

Cara Membuat:
1. Kocok kuning telur, putih telur dan gula palem hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan tepung, bumbu spekoek dan margarin, aduk balik.
3. tuang adonan ke dalam 2 loyang ukuran 20x10x4 cm yang telah dioles margarin dan diaalas kertas roti.
4. taburi dengan kacang kenari.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit atau sampai matang.
6. Potong dan sajikan



Paginya aku potong-potong dan sama suamiku dibawa ke kantornya. Alhamdulillah, habis juga..sekian postingan kali ini. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar