Rabu, 18 Juni 2014

NASTAR KEJU


Bismillah...

Kali ini saya akan posting tentang kue kering nastar keju. Nastar ini sekaligus juga pesanan dari bu Yadi. Nastar ini awalnya adalah permintaan dari suami karena mau saya tinggal pulang kampung ke purwodadi, Jawa Tengah. Katanya buat cemilan selama ditinggal pulkam, karena saya hanya pulkam berdua dengan putri saya. Kebetulan bu yadi tau, akhirnya beliau pun memesan. Alhamdulillah..namanya juga rezeki kan gak boleh ditolak. terima kasih sekali lagi atas ordernya ya bu...




Dalam resepnya sengaja saya tambahkan juga parutan keju parut ke dalam adonan, dan juga taburan keju di atasnya jadi kejunya cukup terasa. Isiannya adalah selai nanas homemade, karena suami saya suka sekali dengan selai nanas buatan sendiri. Saya tulis resepnya ya..(dari berbagai sumber)

Bahan :
100 gram mentega (saya pakai orchid)
150 gram margarin
90 gram gula pasir halus
3 kuning telur
50 gram susu bubuk
350 gram tepung terigu protein rendah (mis: kunci biru)
50 gram keju chedar diparut halus
50 gram keju chedar untuk taburan

Selai nanas homemade: 
2 buah nanas
100 gram gula pasir
5 butir cengkeh
1 batang kayu manis 

Olesan :
2 kuning telur 
1 sdm madu
Cara Membuat :
1. Selai nanas: Haluskan nanas bisa dengan cara diparut atau diblender tapi jangan terlalu halus supaya masih terlihat serat-seratnya. Masak nanas parut kemudian campurkan gula pasir, cengkeh dan kayu manis. Masak terus sampai air menyusut dan menjadi selai.
2. Taruh sebentar selai nanas ke dalam kulkas agar lebih padat dan bisa dipulung.
3. Nastar: Kocok dengan mixer kecepatan rendah mentega, margarin dan gula halus. Mengocoknya jangan terlalu lama, cukup hanya agar mentega tercampur saja sehingga nastar nantinya tidak melebar saat dipanggang.
4. Masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok rata.
5. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan keju parut. Aduk rata menggunakan spatula kayu.
6. Bungkus adonan nastar dengan plastik wrap dan simpan selama 1 jam dalam kulkas.
7. Ambil adonan sedikit-sedikit terlebih dahulu untuk dibentuk dan diisi selai nanas, sisanya biarkan dalam kulkas. Hal ini dilakukan untuk menghindari adonan terlalu lama di udara sehingga bisa lumer.
8. Tata nastar yang sudah diisi selai diatas loyang yang dioles tipis margarin.
9. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 15 menit (setengah matang).
10. Keluarkan nastar setengah matang dari loyang, olesi dengan bahan olesan menggunakan kuas dan taburi dengan keju. 
11. Panggang lagi selama 15 menit sampai permukaan nastar berwarna kuning kecoklatan.
12. Dinginkan nastar terlebih dahulu, lalu simpan dalam wadah tertutup.


Malamnya saya mendapat pesan dari bu Yadi, kata beliau nastarnya enak dan lembut banget. Gak ada setengah jam sudah habis satu toples dimakan bersama ketiga putra-putrinya. Syukur alhamdulillah, senang dengarnya...Suami saya juga suka sekali sampai jadi menu sarapan tiap pagi selama saya tinggal pulkam. Hi..hi..selamat mencoba ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar