Senin, 25 Agustus 2014

RAINBOW CAKE KEJU FOR PAK HERI



Bismillah...

Posting udah telat banget ni, pesanan birthday cake pak Heri. Waktu itu beliau pesan dua buah cake, satunya coklat cake yang sudah pernah saya posting sebelumnya. Nah, cake yang satunya lagi saya bikin rainbow cake keju. Jadi biar pas aja cake satunya coklat dan satu lagi keju. ni dia penampakannya...









Resepnya saya pakai punya teh Ricke Andriani di blog Just My Ordinary Kitchen tapi sudah saya modifikasi sedemikian rupa mengingat keterbatasan alat yang saya punya. Sudah bisa dibayangkan pastinya, membuat cake satu ini memang super ribet dan butuh perjuangan. Kita harus membagi adonan menjadi enam bagian dengan enam warna dan memanggangnya satu per satu. Saya cuma punya dua buah loyang ukuran 20 cm, sudah pasti harus gantian deh...Jadi saran saya bagi yang hanya memiliki satu oven dan loyang terbatas, lebih baik membuat adonannya bertahap sebanyak dua atau tiga kali, supaya cakenya tidak bantat karena terlalu lama mengantri di luar.

Resep aslinya langsung untuk 6 lembar cake. Untuk menghindari cake bantat, resep saya bagi menjadi tiga kali pembuatan. Satu resep jadi dua lembar cake ya..Jadi nanti membuat tiga kali adonan untuk menghasilkan enam lembar cake.

Resep saya share ya, untuk dua lembar cake. Jadi untuk membuat enam lembar cake buatnya  tiga kali resep ya...

Bahan :
3 buah kuning telur
2 buah telur antero (ukuran besar)
70 gram gula pasir/ gula kastor
5 gram cake emulsifier
sedikit garam
40 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung maizena 
5 gram susu bubuk
1 /2 sdt pasta vanila
50 gram mentega, dilelehkan
Pewarna merah dan oranye.
Sediakan juga pewarna kuning, hijau, biru dan ungu untuk adonan selanjutnya ya...
Keju slice sebanyak 20 lembar
Buttercream secukupnya

 Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu190 derajat celcius. Siapkan dua buah mangkuk untuk mewarnai adonan dan dua buah loyang ukuran 20x20 cm yang dioles margarin, dialas kertas roti dan olesi tipis lagi dengan margarin.
2. Kocok dengan mikser kecepatan tinggi kuning telur, telur utuh, gula, garam dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak. 
3. Masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak. Kocok dengan mikser kecepatan rendah.
4. Masukkan mentega dan aduk balik sampai rata.
5. Bagi adonan menjadi dua bagian, bisa dengan ditimbang. Beri pewarna merah dan orange. 
6. Panggang selama 15-20 menit sampai matang. Dinginkan.

Dengan resep yang sama, ulangi langkah-langkah diatas sampai menghasilkan enam lembar cake. 
Penyelesaian : 
Letakkan cake warna ungu untuk dasar terlebih dahulu, olesi dengan buttercream tipis saja selanjutnya tata empat lembar keju slice. Beri sedikit buttercream lagi sebagai perekat dengan cake diatasnya. Tumpuk lagi dengan cake warna orange dan ulangi lagi langkah yang sama sampai cake warna merah untuk lapisan paling atas. Hiasannya saya pakai buttercream warna-warni, sengaja supaya colorfull jadinya... Cara membuat hiasan buttercream dengan dua warna yakni dengan memasukkan buttercream dengan dua warna berbeda dalam satu kantong plastik segitiga. Memasukkannya satu persatu, jadi buttercreamnya membentuk dua lapisan warna di dalam plastik. Lalu pasang spuit favorit ke dalam plastik segitiga yang lain baru masukkan plastik yang berisi buttercream.

Lumayan ribet ya...tapi sebanding dengan hasilnya yang cantik.







Saya juga beri lelehan coklat untuk pinggirnya. Untuk bagian atasnya ditambah trimit warna-warni, parutan keju dan buah cery. Bagi yang penasaran dengan cake ini, selamat mencoba ya...Bagi yang males ribet, pesan saja di Fadila Cakes, ditunggu deh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar