Senin, 18 Agustus 2014

CAKE PANDAN KEJU



Bismillah,

Beberapa hari yang lalu saya membuat cake potong pandan keju ini untuk acara halal bihalal di kantor suami. Buatnya 50 potong aja, jadi saya gunakan satu buah loyang ukuran 24x24 cm dan 1 buah loyang ukuran 16x16 cm. Untuk loyang ukura 24 cm saya buat satu resep, sedangkan loyang ukuran 16 cm saya buat setengah resep.  Resepnya saya dapat dari blognya teh Rickie Andriani, tapi saya modif untuk 6 telur, karena resep asli menggunakan 5 telur. Saya ingin cakenya agak tinggi jadi ditambah aja adonannnya. Lagipula supaya lebih mudah membagi adonan untuk setengah resepnya, kalau pakai 5 telur kan susah dibagi dua kan...




Selanjutnya akan saya tulis resep yang sudah saya modifikasi untuk 6 telur.

Bahan A:
6 kuning telur
60 gram gula kastor (saya pakai gula pasir yang diblender sebentar)
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanila
1 sdm susu cair

Bahan B :
6 putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis
80 gram gula pasir

Bahan C :
90 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
30 gram maizena
1/2 sdt baking powder

Bahan D :
 1 sdt pasta pandan
90 gram margarin/mentega dilelehkan

Bahan topping :
butter cream secukupnya
keju chedar parut
buah cerry hijau potong kecil-kecil

Cara Membuat :
1. panaskan oven  190 derajat celcius. Siapkan loyang 24 cm olesi margarin, alasi kertas roti dan oles tipis dengan margarin lagi.
2. Kocok bahan A kecuali vanila dan susu cair sampai putih mengental dengan mikser kecepatan tinggi. Masukkan susu cair dan vanila kocok sebentar.
3. Kocok bahan B kecuali gula pasir sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir secara bertahap, kocok terus sampai soft peak, yakni berwarna putih dan creamy.
4. Masukkan bahan A sedikit demi sedikit ke bahan B sambil dikocok dengan mikser kecepatan rendah hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C sambil diayak dan dikocok dengan mikser kecepatan rendah sampai tercampur rata.
6. Masukkan bahan D sambil diaduk balik sampai rata.
7. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 15-20 menit sampai matang.





Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu diatas cooling rak. Selanjutnya, olesi dengan butter cream, potong ukuran 4x4 cm, taburi dengan keju parut dan beri potongan buah ceri hijau.
Oh ya, saya punya tips untuk mencampurkan mentega leleh kedalam adonan agar mudah tercampur dan mudah saat mengaduknya. Saya ambil sedikit adonan kira-kira 5 sendok, campurkan kedalam seluruh mentega leleh lalu diaduk-aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Cara mengaduknya bisa bergantian antara aduk balik dan aduk melingkar searah jarum jam. Yang penting adonan dan mentega tercampur rata dan tidak ada sisa mentega yang tertinggal. Setelah campuran rata barulah masukkan sedikit-sedikit ke sisa adonan cake sambil diaduk balik. InsyaAllah dengan cara ini mentega akan dengan mudah tercampur dan mengurang resiko kue bantat.
Selamat mencoba, semoga berhasil....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar