Rabu, 06 Agustus 2014

LONTONG OPOR AYAM



Bismillah,

Postingan telat juga nih,,, menu lebaran request ayah Opor Ayam pake lontong. Memang setiap lebaran, saya selalu memasak menu ini. Kali ini saya akan posting resepnya juga ya...Sebenarnya memasaknya juga telat, baru hari ketiga lebaran. Pas lebarannya saya sengaja memasak menu lain soto betawi. Tapi sayangnya kelupaan gak difoto, udah habis duluan...






Ini dia resep opor ayam favorit keluarga kecil saya:

Bahan :
1 ekor ayam ukuran sedang
2 liter santan encer
1/2 liter santan kental
1 batang serai dimemarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut

Bumbu yang dihaluskan :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jinten
1/2 jari lengkuas
5 buah kemiri
1/2 ruas kunyit

Lada, garam dan gula pasir secukupnya.

Cara Membuat :
1. Potong-potong ayam sesuai selera dan cuci sampai bersih.
2. Haluskan bumbu, saya menggunakan blender dengan cara ditambah sedikit minyak goreng agar blender bisa memutar.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun salam dan serai.
4. Masukkan ayam, aduk rata sampai berubah warna dan agak layu, tambahkan santan encer.
5. Masukkan lada, garam dan gula pasir, jika suka bisa ditambah penyedap.
6. Setelah agak surut, tambahkan santan kental, masak sampai ayam empuk.




Disajikan dengan tambahan taburan bawang goreng dan irisan lontong tambah lezat lho...Biasanya kalau gak habis dalam waktu sehari besoknya masih bisa dimakan lagi dengan cara diangetin. Rasanya tambah mantap...Selamat mencoba ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar