Selasa, 08 Juli 2014

BOLEN PISANG TANPA KORSVET



Bismillah,

Setiap kali melihat pisang raja di kota Sampit ini, saya selalu ingin membelinya. Soalnya pisang jenis ini termasuk langka disini, gak seperti di Jawa. Kemarin saya membeli pisang raja, ternyata setelah itu bingung juga mau dibuat apa. Kalau dimakan semua pasti gak habis dalam sehari sedangkan pisangnya sudah matang ntar bisa busuk lagi...Akhirnya setelah browsing di om google, saya tertarik membuat bolen pisang yang tanpa korsvet ini. Sebenarnya saya sudah sering melihat resepnya, tapi males eksekusinya karena membuat adonan kulitnya butuh kesabaran, he..he..



Kalau sebelumnya saya juga pernah membuat pisang molen tapi memakai kulit pastry, bolen pisang yang ini tidak menggunakan kulit pastry melainkan dari adonan tepung yang dibagi menjadi dua, satu bagian diberi minyak dan yang satunya lagi diberi air. Ternyata pisang bolen yang ini rasanya lebih enak, lembut, gurih dan ada sensasi renyah seperti memakai kulit pastri yang menggunakan korsvet atau mentega pastry.



Untuk isiannya, selain pisang raja juga saya beri keju batangan dan meises coklat. Sayangnya, pada saat proses pengovenan saya terlalu lama mengovennya, maklum sambil disambi memasak untuk berbuka puasa. Jadinya permukaan kulitnya agak retak-retak karena over baking. Tapi dari segi rasa tetap oke kok...

Setelah keesokan harinya ternyata tambah lembut. Jadi memang paling enak memakan bolen pisang ini setelah diinapkan sehari. Resepnya bisa dilihat di blognya Dapur Griya Khayangan. Makasih atas share resepnya ya mbak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar